Selasa, 24 September 2013

Indra Sjafri Usulkan Konsep Pembinaan Usia Muda

Sumber Asli -- C0I - Sukses membawa tim nasional (timnas) sepak bola usia di bawah 19 tahun (U-19) menjadi juara Piala Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) tidak membuat sang pelatih, Indra Sjafri, berleha-leha. Ia mengatakan telah menyiapkan usulan konsep pembinaan tim nasional usia muda jangka panjang.





"Pasti akan ada perbaikan sistem pembinaan," kata Indra kepada Tempo melalui sambungan telepon, Selasa, 24 September 2013. "Akan ada promosi dan degradasi."



Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Djohar Arifin Husin, sebelumnya menyatakan timnas U-19 memiliki tujuan jangka panjang. Mereka akan dipersiapkan untuk menjuarai SEA Games 2017.



Indra mengatakan, dirinya akan terus mencari pemain terbaik untuk semakin meningkatkan kualitas tim. "Jadi tidak ada jaminan mereka yang ada sekarang akan tetap berada di sini," ujar pria kelahiran 2 Februari 1963 itu.



Usulan konsep pembinaan tim usia muda, kata Indra, akan ia sampaikan kepada PSSI dan akan dibicarakan terus-menerus. "Kami akan cari yang pas," ujar Indra ketika ditanya apakah ia akan kembali melakukan tur keliling Indonesia untuk mencari pemain.



Dalam menyaring pemain inti Piala AFF U-19 beberapa waktu lalu, Indra telah melakukan tur ke 49 kota di Indonesia. "Saya berkomunikasi kepada orang-orang di daerah yang aktif mengembangkan sepak bola," ujar pelatih yang kontraknya diperpanjang BTN untuk memimpin timnas U-19 menghadapi kualifikasi Piala Asia U-19 dalam waktu dekat ini.



Menurut Indra, tidak semua pengurus cabang PSSI di daerah aktif mengembangkan sepak bola. Oleh karena itu, ia bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk dengan sekolah-sekolah sepak bola dan pribadi-pribadi. "Saya meminta tiap daerah yang saya kunjungi menyediakan 35 pemain yang mereka anggap terbaik, lalu saya seleksi 35 pemain itu," katanya.



- ***


-->

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi