Selasa, 29 September 2015

Setelah Kisruh, Rita Subowo Akhirnya Nyatakan Mau Maju Lagi Pertahankan Ketua KOI

Sumber Asli -- C0I - Rita Subowo mengisyaratkan kembali mencalonkan diri menjadi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada kongres yang digelar pada akhir bulan depan meskipun ada pihak yang menilai mantan ketua umum KONI itu telah dua kali memimpin KOI.

"Tahun 2007 merupakan masa transisi karena KONI dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) harus dipisah. Saat itu AD/ART KOI belum ada. Baru 2011 IOC mengakui kita karena statuta telah dibuat," kata Rita Subowo.
Dengan pernyataan tersebut, peluang mantan Ketua Umum PBVSI untuk maju kembali pada bursa pencalonan Ketua KOI periode 2015 sampai dengan 2019 ini cukup terbuka. Melihat peta dukungan yang ada saat ini, Rita Subowomasih punya tempat untuk kembali memimpin KOI.
Namun, langkah Rita untuk kembali menuju puncak KOI harus berhadapan dengan AD/ART yang menyatakan masa bakti Ketua KOI yang diperbolehkan adalah dua periode. Rita telah menjabat Ketua KOI periode 2007 s.d. 2011 (merangkat jabatan dengan Ketua Umum KONI Pusat) dan 2011-2015.
"Tinggal dari sudut pandang mana untuk memahami hal ini. Jika berdasarkan pengakuan IOC (Dewan Olimpiade Internasional), saya baru satu periode," kata Rita Subowo.
Selain berhadapan dengan AD/ART, pada kongres nanti dia juga dihadapkan dengan banyaknya pesaing untuk menjadi pucuk pimpinan KOI. Sebut saja Ketua KONI Sumatra Selatan Mudai Maddang. Selain itu, ada Sesmenpora Alfitra Salamm dan pengusaha nasional Erick Thohir.
Satu bulan menjelang kongres, pergerakan KOI maupun anggota mulai terlihat yang salah satunya dengan digelarnya Rapat Anggota Istimewa dan Kongres Istimewa KOI.
Hanya saja, kegiatan yang digelar di Hotel Peninsula Jakarta itu harus terhenti karena ada masalah yang tidak bisa dipecahkan, terutama masalah penggunaan istilah istimewa serta revisi AD/ART.
Terkait dengan revisi AD/ART, pihak KOI menyatakan jika hal tersebut dilakukan untuk mempermudah dalam mengesahkan sembilan calon anggota baru, di antaranya jet ski, kabbadi, cricet, hand ball, dan rugby. Hanya saja, keinginan KOI itu ditolak oleh anggota.
Dengan adanya penghentian sidang yang dilakukan oleh Ketua KOI Rita Subowo, beberapa anggota langsung mengambil alih pimpinan sidang. Sidang pun tetap berjalan meski berpindah ke Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta. Dalam sidang tersebut juga ditetapkan tim penjaringan untuk pemilihan Ketua KOI periode 2015 s.d. 2019.
Perwakilan anggota KOI itu akhirnya menunjuk Timbul Thomas Lubis sebagai ketua penjaringan. Sesuai dengan rencana, pembentukan tim penjaringan itu akan tetap dilaporkan ke KOI dan selanjutnya dilakukan negosiasi. Selain itu, juga akan dilaporkan ke Kemenpora.
- ***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi