Minggu, 13 Desember 2015

Tim Indonesia raih tiga emas kejuaraan catur di Penang

Sumber Asli -- C0I - Tim catur Sekolah Menengah Pertama (SMP) Indonesia berhasil meraih tiga medali emas pada kejuaraan catur The 7th Penang Heritage City International Chess Open 2015 di Penang, Malaysia, yang digelar 7-12 Desember 2015.


Peraih medali emas tersebut, yakni Muhammad Khairul Umam (juara 1 kejuaraan catur), Syiffa Akiyya Sari (terbaik usia 14 tahun), dan Evi Yuli Ana (terbaik perempuan).

"Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan," kata Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Dr. Supriano, M.Ed. di Jakarta, Minggu.

Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdas, Kemdikbud mengirim enam siswa yang merupakan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2015 yang diadakan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Mereka adalah Muhammad Khoirul Umam (SMPN 1 Kembangbahu), Evi Yuli Ana (SMPN 32 Semarang), Muhammad Sultan (SMPN 4 Balikpapan), Syifa Akiyya Sari (SMPN 3 Sleman), Alberto Pramana Martin Silaen (SMPN 7 Bandung), dan Gracelia Paramesthi Samekto (SMPN 1 Kuta Utara).

Keenam siswa tersebut, sebelumnya mendapatkan pembekalan oleh tim Percasi yang diketuai Hendry Jamal selama dua minggu mulai 23 November hingga 9 Desember di Jakarta.

Turnamen Penang diikuti oleh 11 negara, antara lain Malaysia, Amerika Serikat, Korea Selatan, Singapura, Sri Lanka, Filipina, Inggris, Prancis, India, Australia, dan Indonesia, dengan jumlah peserta 190 siswa.

Pertandingan menggunakan Sistem Swiss sembilan babak dan catur standar.

Pada turnamen, Khairul Umam berhasil mengalahkan enam pecatur bergelar internasional dan memiliki peringkat ELO antara lain dari Singapura, India, Malaysia, Pakistan, Filipina, dan Rusia.

Selain tiga siswa yang mendapatkan medali emas, Muhammad Sultan berhasil menduduki peringkat empat, Alberto di peringkat enam, dan Gracelia peringkat 12.

Sementara itu, tahun 2014, tim Indonesia berhasil membawa dua emas dan satu perunggu dalam World School Chess Championships di Brasil.
- ***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi