Minggu, 26 Juli 2015

PAULUS PESURNAY: Pelatnas Olimpiade Hanya Untuk Atlet yang Memenuhi Syarat


Sumber Asli -- C0I -Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Olimpiade Rio de Janeiro 2016 Brasil hanya diperuntukkan bagi mereka yang memenuhi syarat. Dengan demikian, yang berhak ikut Pelatnas benar-benar atlet yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan prestasinya di kemudian hari.
    Sebelumnya, Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) sudah menentukan sembilan cabang olahraga (cabor) yang dipersiapkan untuk mengikuti Olimpiade Rio. Namun jumlah tersebut tidak mutlak, karena yang tidak lolos kualifikasi tidak berhak untuk tampil.
    Apa saja syarat untuk atlet yang akan mengikuti Pelatnas Olimpiade Rio?



Apa saja persyaratan atlet yang bisa mengikuti Pelatnas Olimpiade Rio de Janeiro 2016?

    Ada syarat mutlak bagi cabor tertentu yang harus menyiapkan atletnya untuk Olimpiade Rio ada pula yang tidak. Setiap atlet peraih medali pada Asian Games XVII/2014 Incheon, Korea Selatan sudah mendapat hak otomatis untuk mengikuti Pelatnas. Sekalipun mereka itu nantinya harus mengikuti babak kualifikasi sesuai ketentuan International Olympipic Committee (IOC).
    Nah, sementara bagi cabang olahraga lain harus mereka yang benar-benar berpeluang lolos ke Olimpiade. Meski mereka bukan termasuk di antara Sembilan cabang olahraga prioritas.

Cabor apa saja yang masuk dalam daftar sembilan cabor yang dipersiapkan di Pelatnas Olimpiade?

    Atletik sudah meloloskan satu atlet ke Olimpiade, yakni Maria Londa dari nomor lompat jauh. Cabor lainnya, seperti angkat besi, bulutangkis, panahan, equestrian, rowing, renang, balap sepeda, dan voli pantai harus melalui tahapan kualifikasi. Setiap atlet yang sudah lolos kualifikasi, meski peluangnya tipis untuk meraih medali harus dikirim.


Penyelenggaraan Olimpiade Rio bertepatan dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016. Ada kecenderungan atlet yang lolos olimpiade namun mereka memilih PON.  Menurut Anda ini bagaimana?

    Ini pertanyaan yang bagus. Saya juga pernah memikirkan masalah ini, bagaimana kalau penyelenggaraan PON berikutnya harus berbeda tahun dengan Olimpiade. Karena bagaimana pun juga, kepentingan bangsa jauh lebih penting ketimbang kepentingan daerah. Tapi ini memang dilema, karena atlet jelas mengejar bonus ratusan juta rupiah ketimbang tampil di olimpiade. ***

- ***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi