Selasa, 22 Juli 2014

Putra Samarinda dukung pengurangan pemain asing

Sumber Asli -- C0I - Tim Putra Samarinda (Pusam), Kaltim, menyambut positif rencana pengurangan kuota pemain asing yang akan diterapkan operator kompetisi Indonesia Super League (ISL), PT Liga Indonesia (PT LI), mulai musim 2015.





Direktur Sepak Bola Pusam Dimas Rhaditya di Samarinda, Kaltim, Senin, menyatakan mendukung langkah PT LI tersebut karena dianggap sebagai kebijakan yang tepat untuk memotivasi peran pemain lokal.



"Bagus saja langkah yang diambil PT Liga itu, karena dampkanya bisa menjadikan kompetisi sepak bola kita lebih baik lagi," terang Dimas.



Pada musim 2015, setiap klub ISL hanya diperbolehkan menggunakan tiga pemain asing saja. CEO PT LI Joko Driyono mengatakan pengurangan jumlah pemain asing di setiap klub ISL bukan tanpa sebab.



Jika saat ini setiap klub boleh diperkuat tiga pemain non Asia ditambah satu Asia, maka musim depan dikurangi menjadi dua pemain non Asia dan satu Asia.



"Ada dua hal yang ingin dikejar. Satu agar pembiayaan di level klub lebih efisien untuk mengontrak pemain asing. Lagi pula musim lalu hanya tiga pemain yang diperbolehkan bermain di lapangan," kata Joko.



Alasan lain, PT LI ingin memberikan ruang lebih bagi pemain lokal. Sehingga jika pemain lokal bisa dimaksimalkan, pada akhirnya bisa membentuk tim nasional (timnas) yang kuat.



Dimas kembali mengatakan, regulasi mengenai pembatasan pemain asing pernah diterapkan pelaksana kompetisi di Malaysia. Hasilnya, timnas Malaysia kini menjadi salah satu yang terkuat di Asia Tenggara bahkan berhasil menjadi juara AFF 2010.



Menurutnya, dengan adanya pengurangan kuota pemain asing itu akan berpengaruh terhadap kompetisi ISL.



"Pengaruhnya mungkin ada tapi sedikit. Tetapi menurut saya tidak apa-apa demi timnas kita yang lebih solid," tambahnya.



Bahkan, lanjut dia, seharusnya kebijakan tersebut sudah diberlakukan musim ini. "Kalau kita tidak ada masalah. Bahkan kalau perlu sebenarnya diterapkan sejak musim ini," pungkasnya.



Skuad Pusam musim ini diperkuat empat pemain asing. Diantaranya Naser Al Sebai (Suriah), Ebrahim Loveinian (Iran), Pavel Solomin (Uzbekistan) dan Ilija Spasojevic (Montenegro).

- ***

========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========

-->

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi