Rabu, 25 November 2015

Wawancara > REZA ALI : Pertina Siap Menjawab Tantangan Jusuf Kalla


Sumber Asli -- C0I -Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Nasional (PP Pertina) akan menjadikan Turnamen Tinju Piala Wakil Presiden (Wapres) IV sebagai ajang mencari petinju potensial yang akan dipersiapkan menuju Asian Games 2018. Turnamen ini akan digelar di Jambi, 29 Nopember hingga 5 Desember 2015.

    Ketua  Umum PP Pertina, Reza Ali di Jakarta, kemarin, dalam pernyataannya kepada wartawan Suara Karya, Azhari Nasution, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait perlehatan tersebut. Dalam pertemuan keduanya  akhir pekan lalu, Wapres meminta agar pada Asian Games 2018, cabang olahraga tinju harus menyumbangkan medali. Berikut pernyataan lengkap Reza Ali yang dituangkan dalam bentuk tanya jawab:

Bagaimana PP Pertina menanggapi tantangan Wapres?

    Kita siap menjawab tantangan Wapres dengan terus bekerja keras dalam mempersiapkan petinju berkualitas melalui program yang berkesinambungan sehingga bisa meraih medali emas di Asian Games 2018.

Apa program yang dilakukan PP Pertina?

    Saat ini PP Pertina juga tengah mempersiapkan atletnya menuju Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Menurut jadwal, sembilan petinju nasional akan diterbangkan ke Korea Selatan, Selasa (23/11)  untuk melakoni pelatnas dan sparing hingga 3 Desember 2015.
    Setelah itu, ke sembilan atlet itu juga akan terbang ke Kuba untuk kembali menjalani pelatihan dan tampil di berbagai turnamen lokal. Itu juga sesuai permintaan Wapres Jusuf Kalla agar  menyetarakan standar program pelatihan Indonesia ke level dunia yang direpresentasikan dengan pelatnas atlet ke luar negeri.

Siapa saja sembilan petinju yang disiapka itu?

    Kesembilan atlet tersebut terdiri dari lima putra dan empat putri. Mereka adalah Kornelis Kwang Langu, Mario Kali, Julio Bria, Farran Papendang,Marvin Batuwael, Beatrice Sugoro, Novita Sinadia, Maria Ohoi Ulum dan Kristina Jembay. Kita harus mencari lawan yang levelnya di atas kita. Di Asia, Korea Selatan berada di bawah Kazhakstan. Preatasi tinju mereka juga bagus. Begitu juga dengan Kuba, di sana tempat berkumpulnya petinju terbaik dunia, jadi biar petinju kita punya pengalaman.

Berapa lagi kejuaraan untuk kualifikasi olimpiade?

    Saat ini, tersisa dua kejuaraan untuk memperebutkan tiket menuju Brasil.  Yakni di Qianan, Tiongkok dalam Kejuaraan Zona Asia Oceania  23 Maret - 3  April 2016. Dilanjutkan ke
Kejuaraan Dunia, di Baku, Azerbaijan, Juni sebagai peluang terakhir.
    Dari dua babak kualifikasi itu, kita harapkan ada dua petinju bisa lolos ke Olimpiade. Terus terang, kita ingin mengulang sukses 16 tahun lalu dimana petinju Indonesia terakhir tampil di Olimpiade Barcelona 2000.

Baik, lalu di Jambi nanti mempertandingkan berapa kelas?

    Rencananya bakal ada 16 kelas yang dipertandingkan yang di Jambi nanti. Hingga saat ini, sudah ada 22 Provinsi dengan 160 atlet yang mendaftarkan.
- ***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi