Jumat, 29 November 2013

TUAN RUMAH PON 2020 > Bali Paling Ideal, Jateng Pasti Bisa

Sumber Asli -- C0I - Bali yang telah mendunia melalui pariwisata kini siap mencetak sejarah menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020. Kesiapan Pulau Dewata untuk menggelar pesta olahraga akbar empat tahunan itu telah resmi diwujudkan dengan mendaftarkan diri kepada Tim Penjaringan Tuan Rumah PON 2020 di Gedung KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Jumat (29/11).



Masuknya Bali membuat persaingan memperebutkan tuan rumah PON 2020 makin ketat. Apalagi setelah Bali kemudian Jawa Tengah juga mencalonkan diri menjadi penyelenggara. Sebelumnya sudah mendaftarkan diri Sumatera Utara, Aceh dan Papua. Masih ditunggu pendaftaran secara resmi dari Sulawesi Selatan dan Kalimantan Barat.

Sebagai bentuk keseriusan Bali untuk menjadi tuan rumah PON XX, bukan saja ditunjukan dengan menampilkan tarian khas Pulau Dewata saat mengawali pendaftaran. Bali bahkan mengutus orang kedua di daerah itu, Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta hadir langsung ke KONI pusat memimpin jajaran terkait menyerahkan kelengkapan persyaratan yang akan diperiksa KONI.

"Kami sudah siap melakukan penyelenggaraan PON" ujar Sudikerta. "Berbagai stakeholder juga sudah mendukung kami. Dari infratrukstur, kami sudah merancang stadion internasional yang bisa digunakan untuk aktivitas olahraga. Letak lokasi itu ada di kawasan Pecatu Graha, dan Jimbaran," paparnya.

Menurutnya, Bali sangat potensial dan nyaman untuk dijadikan lokasi perhelatan pesta olahraga nasional itu.Terlebih, secara geografis Bali terletak di pertengahan Indonesia. "Tempat kami (Bali), enak dari timur, enak dari barat karena kami berada di tengah-tengah. Jadi secara gegrafis, Bali paling ideal," katanya.

Sudikerta menjelaskan, Bali akan membangun Stadion bertaraf international di daerah Pecatu. "Tanahnya sudah ada, tinggal dananya. Minimal menelan dana sekitar Rp. 2 Triliun," kata Sudikerta didampingi Ketua Tim Penjaring Tuan Rumah PON 2020 yang juga Wakil Ketua Umum KONI Pusat Inugroho di Gedung KONI Pusat Senayan.

Sebagai daerah tujuan wisata, Bali banyak memiliki sarana akomodasi serta sumber daya manusia yang memadai. "Kami memiliki banyak hotel, selain itu juga SDM terlatih karena kami pernah menggelar Asian Beach Games (ABG) 2008 silam," tandasnya.

Sebagai calon tuan rumah, Bali akan memfokuskan penyelenggaraan PON 2020 di 9 kabupaten/kota. Sembilan kabupaten/kota yang akan menjadi penyelenggara itu adalah Karang Asem, Klungkung, Gianyar, Bangli, Denpasar, Badung, Tabanan, Jembrana dan Buleleng.

Sementara itu Jateng mengklaim telah siap menjadi tuan rumah PON 2020 meski harus bersaing dengan beberapa daerah yang juga siap menjadi tuan rumah. "Jangankan nanti, kalau sekarang PON dilaksanakan maka Jateng sudah siap. Tidak perlu menunggu sampai 2020, Jateng pasti bisa," Wakil Ketua KONI Jateng Sukahar.

Jawa Tengah terbilang sebagai provinsi yang sering menjadi tuan rumah kejuaraan internasional. Bahkan, pada tahun 2011, Surakarta menjadi tuan rumah Asean Paragames dan dipusatkan di Stadion Manahan.





"Untuk strategi pemenangan kami tidak muluk-muluk. Yang jelas semuanya sudah siap. Secara geografis juga sangat tepat," katanya dengan diiringi teriakan "Jawa Tengah Pasti Bisa".



- ***

========= Dukungan ANDA amat kami butuhkan agar lebih semangat dan berprestasi. Berapa pun dukungan Anda - bisa Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000 atau bahkan mungkin Rp 1 juta, akan membuat kami lebih mengenal Anda dan kami pun tambah semangat untuk berkarya dan meningkatkan prestasi. Semua demi Anda. Terimakasih Dukungan bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========



-->

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi