Kamis, 15 Oktober 2015

Wawancara > ACHMAD SUTJIPTO: Demi Prima, Siap Tinggalkan PB PODSI


Sumber Asli -- C0I -Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia akhirnya menetapkan Achmad Sutjipto sebagai ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) di Jakarta, Senin (12/10). Sutjipto yang juga menjabat sebagai ketua Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) itu terpilih bersama dengan empat nama lain yang mendampingi tugasnya yakni Anton Subowo sebagai Wakil I, Sadik Algadri sebagai Wakil II, Taufik Hidayat sebagai Wakil III, dan Lukman Niode sebagai Wakil IV.

    Sutjipto bukanlah orang baru dalam tugas menangani atlet Indonesia. Dia dulu pernah menjabat Ketua Program Atlet Andalan (PAL) Indonesia di masa Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora) Adhyaksa Dault. Kini dia kembali ke tugas lamanya.
    Apakah rencana Sutjipto dalam membenahi Prima? Berikut pernyataannya kepada wartawan serperti dilansir Antara yang disajikan dalam bentuk tanya jawab oleh wartawan Suara Karya, Gungde Ariwangsa.

Bagaimana langkah untuk membenahi Prima ke depan?

    Satlak Prima adalah bagian dari pemerintah untuk memproyeksikan visi prestasi. Prima harus punya karakter, ciri, dan mutu. Sebab Prima adalah harapan kita semua. Prima harus fokus kepada atlet sebagai sentral. Prima juga digerakkan oleh pelatih. Lalu, aplikasi sport science harus diterapkan.

Apakah personil Prima akan masuk dalam pengurus induk organisasi cabang olahraga?

    Pengurus besar cabang olahraga berfungsi sebagai penggerak. Sementara fungsi Prima adalah pada tingkat kepemimpinan. Kami akan tempatkan pelatih di PB bukan sebagai pengurus. Mereka hanya terlibat hanya dalam performance progress.

Lalu bagaimana dengan posisi Anda sebagai Ketua Umum PB PODSI?

    Saya akan fokus pada Satlak Prima meski  menjabat sebagai Ketua Umum PB Persatuan Olahraga Dayung Indonesia.Begitu menerima memorandum, saya akan fokus pada Satlak Prima. Saya akan langsung menunjuk pelaksana tugas (plt) yang akan mengganti saya di PB PODSI. Pelaksana tugas tersebut, akan dipilih melalui Kongres yang dilaksanakan tahun ini.

Bagaimana dengan para wakil Satlak Prima?

    Tidak saya saja yang akan berkonsentrasi di Satlak Prima, wakil-wakil saya pun sudah saya tanya kesedian mereka untuk melektakkan dua kakinya di Satlak Prima setelah mereka terpilih. Pasalnya saya dan tim akan mengembalikan fungsi Satlak Prima sebagai sentra pelatihan tinggi para atlet. Satlak Prima akan konsentrasi dalam melatih atlet untuk menghadapi SEA Games 2017 yang akan diselenggarakan di Malaysia. ***


- ***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi