Rabu, 17 Juli 2013

Indonesia Ikuti 14 Cabang Olahraga AYG

Sumber Asli -- C0I - Indonesia akan mengikuti pertandingan 14 dari 16 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Youth Games ke-2 di Nanjing, Cina, pada 16-24 Agustus 2013. Menurut Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Prima), Surya Dharma, persiapan atlet dari 13 cabang olahraga dibiayai negara, sedangkan satu lagi dari taekwondo dibiayai sendiri oleh induk organisasinya.



"Cabang Taekwondo yang menggunakan dana sendiri," ucap Surya di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa, 16 Juli 2013. Menurut Surya, para atlet sembilan dari 13 cabang olahraga tersebut merupakan hasil binaan Prima Pratama. Sedangkan para atlet empat cabang olahraga lainnya merupakan hasil gemblengan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP).



Surya meminta agar kontingen Indonesia tampil optimal dan dapat meraih prestasi lebih baik ketimbang pada Asian Youth Games sebelumnya. Pada Asian Youth Games pertama 2009 di Singapura, Indonesia hanya menyabet satu medali perunggu di cabang bola voli pantai.



Untuk memberangkatkan kontingen Indonesia, pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp 6,9 miliar. Kepala Anggaran dan Keuangan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Ahmed Solihin menyatakan, kontingen Indonesia terdiri dari 200 orang termasuk atlet dan ofisial, sehingga dana tersebut belum cukup.



Solihin berusaha memanfaatkan dana tersebut sebaik mungkin. "Dalam waktu dekat akan segera cair dananya," ucap Ahmed seusai penandatanganan nota kesepahaman pendanaan AYG di Kemenpora, Jakarta, kemarin.



Pada kesempatan terpisah, komandan Pelatnas Taekwondo Airlangga mengatakan, ada dua atlet yang dikirim, yaitu Agniny Haque dan Dinggo Ardian, yang turun di nomor kyorugi. Dipilihnya mereka, kata Airlangga, lantaran tampil apik pada kejuaraan Asia.



Pada kejuaraan Asia kemarin, Dinggo mendapatkan medali perunggu, sementara Agniny gagal mempersembahkan medali. "Khusus untuk taekwondo, AYG ini juga merupakan kualifikasi menuju Youth Olympic Games," kata Airlangga.



Asian Youth Games merupakan kejuaraan multicabang olahraga empat tahunan. Sebanyak 45 negara akan berpartisipasi di 16 cabang olahraga yang dipertandingkan dan diikuti oleh atlet berusia 14-17 tahun.



- ***



0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi