Kamis, 01 Mei 2014

SEA Games 2015 > KOI Tak Berdaya, Indonesia Kehilangan Cabor Potensial Emas

Sumber Asli -- C0I - Kontingen Indonesia dipastikan akan kehilangan kesempatan meraih emas di beberapa cabang potensial di SEA Games 2015 Singapura menyusul keputusan rapat Dewan Federasi SEA Games yang tidak mempertandingkan beberapa cabang olahraga.





Dalam rapat Dewan Federasi di kawasan Marina Bay, Singapura, Selasa, itu memutuskan tidak mempertandingkan cabang olahraga karate, angkat besi, kempo dan voli pantai.



Selain itu, cabang lain yang juga tidak dipertandingkan di pesta olahraga yang akan berlangsung 5-16 Juni 2015, itu adalah gulat, paragliding, catur dan sepak bola putri.



Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo yang ditemui usai sidang tersebut mengatakan bahwa meski keputusan tersebut menghapus banyak peluang Indonesia untuk mendapatkan medali emas, delegasi yang dipimpinnya tidak bisa berbuat banyak tuan rumah mendapat hak prerogatif untuk menggelar atau tidak menggelar cabang tertentu.



"Indonesia dan negara-negara lain sudah berusaha untuk melobi tuan rumah agar mereka mempertandingkan karate dan angkat besi, tapi mereka punya pertimbangan sendiri dan kita harus menghormati keputusan mereka," kata Rita yang didampingi oleh Ketua Bidang Media KOI Raja Parlindungan Pane dan Ketua Bidang "Sport For All" Ade Lukman.



Lebih jauh Rita mengatakan bahwa sebagai tuan rumah, Singapura memang mempunyai hak penuh untuk mempertandingkan cabang tertentu seperti yang terjadi pada SEA Games sebelumnya.



Sementara itu, Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand Charoen Wattanasin juga menyatakan rasa kecewa karena tidak dipertandingkannya cabang angkat besi dan voli pantai karena selain kedua cabang tersebut adalah andalan mereka yang dipertandingkan di Olimpiade.



"Kami sangat kecewa karena angkat besi tidak dipertandingkan. Kami berhasil meraih medali di cabang itu di tingkat Olimpiade dan Asian Games. Tapi kami harus menghormati keputusan tuan rumah," kata Wattanasin yang merupakan mantan pebulutangkis nasional Thailand era 1970-an.



Tapi secara keseluruhan, Wattanasin yang pernah dua kali menjuarai All England itu menegaskan bahwa ia cukup puas dengan 36 jumlah cabang yang dipertandingkan karena tuan rumah Singapura juga mempertandingkan empat cabang tradisional.



"Tapi saya tidak pernah berpikir tentang beberapa jumlah potensi medali emas yang hilang akibat tidak dipertandingkannya cabang andalan kami itu," kata Wattanasin.



SEA Games 2015 secara keseluruhan akan mempertandingkan 36 cabang olahraga untuk memperebutkan total 402 medali emas.



- ***

========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========

-->

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi