Kamis, 03 Desember 2015

Wawancara > ACHMAD SUCIPTO: Babak Baru Satlak Prima Dimulai Januari 2016



Sumber Asli -- C0I -Babak baru Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) dimulai mulai tahun depan. Program latihan akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing atlet.
Dengah program yang fokus pada individu atlet tersebut, performa puncak atlet diharapkan mampu ditingkatkan menjelang tampil pada multi even SEA Games, Asian Games dan Olimpiade.
    Pernyataan itu diungkapkan Ketua Satlak Prima, Achmad Sucipto  usai mengikuti rapat koordinasi dengan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Djoko Pekik Irianto, Ketua Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir, Ketua Kontingen (CdM) Olimpiade 2016 Raja Sapta Oktohari, dan Anggota Dewan Pelaksana Prima, Gatot S Dewa Broto di Jakarta, Rabu (2/12).
    Mantan KSAL ini mengatakan, program kepelatihan individual itu akan diberlakukan setelah seluruh atlet yang masuk dalam Surat Keputusan (SK) Pelatnas Satlak Prima menjalani tahapan penelusuran (screening) kondisi fisik Januari 2016. Setelah ditentukan atlet akan dimasukkan dalam pengelompokan (cluster) tertentu.

    Berikut pernyataan yang disampaikan Achmad Sucipto yang disajikan dalam bentuk tanya jawab oleh wartawan Suara Karya, Azhari Nasution.

Bagaimana nanti penanganan atlet yang sudah masuk pengelompokan itu?

    Tentu perlakuan (treatment) terhadap atlet yang sudah ditentukan dalam cluster-cluster itu akan berbeda. Perlakuan terhadap Eko Yuli Irawan misalnya akan berbeda dengan perlakuan terhadap atlet  lainnya. Ini disesuaikan dengan hasil screening tersebut.
    Proses screening akan sangat berguna untuk menentukan kebutuhan latihan yang juga meliputi kebutuhan gizi dan kesehatan bagi  atlet yang akan bertanding Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil. Sedangkan untuk atlet yang diproyeksikan berlaga di SEA Games 2017 dan  Asian Games 2018 akan kembali menjalani tes peningkatan fisik pada bulan Maret.

Jadi prosesnya akan berbeda?

    Prosesnya berbeda karena memang tujuan akhir (goal) juga  berbeda. Untuk atlet yang akan bertolak ke SEA Games dan Asian Games akan menjalani program latihan intensitas tinggi karena masih punya waktu cukup lama untuk mempersiapkan diri.

Berapa target atlet yang akan dikirim ke Olimpiade?

    Khusus Olimpiade Rio 2016,  ditargetkan ada 33 atlet Indonesia yang bisa berlaga di multiajang olahraga  terbesar itu. Pada  Olimpiade London 2012, kontingen Indonesia berkekuatan 22
atlet dari 8 cabang olahraga. Saat ini, Indonesia baru memastikan 10  tiket Olimpiade yang terdiri dari 7 tiket angkat besi, 2 tiket panahan, dan 1 tiket atletik. Proses kualifikasi masih banyak yang berjalan hingga pertengahan tahun depan. Jika mampu meraih hasil terbaik maka otomatis akan lolos.

Bagaimana dengan cabang andalan bulutangkis?

    Khusus untuk bulu tangkis, proses kualifikasi masih berjalan hingga pertengahan 2016. Untuk bulu tangkis, jika dilihat dari ranking memang banyak yang sudah lolos. Tapi untuk penentuannya baru dilakukan pada pertengahan tahun depan. Masih banyak pertandingan yang akan dijalani.
- ***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi