Senin, 07 Desember 2015

Asian Games 2018 > Megawati Marah, Mengatur Olahraga Saja Tidak Benar


Sumber Asli -- C0I - Ternyata Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri memperhatikan persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Makanya, Ketua Umum PDI-Perjuangan ini mengkritik pemerintah yang dinilainya tidak mampu menyiapkan penyelenggaraan Asian Games tersebut.
"Mengatur olahraga saja tidak benar. Saya malu jika pemerintah gagal menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018," kata Megawati saat berpidato dalam Simposium Kebangsaan di Gedung Nusantara IV DPR, Jakarta, Senin (7/12).
Khusus masalah persiapan, Mega mengaku telah menanyakan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Namun, dia belum mendapat kepastian soal kesiapan pemerintah.
Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games 1962 saat dipimpin Presiden Soekarno. Penyelenggaraan Asian Games saat itu, kata dia, sukses hingga menjadi perbincangan selama hampir setahun.
"Apa tidak malu? Kalau sampai pelaksanaan Asian Games 2018 dipindah ke China karena ketidaksiapan Indonesia," katanya.
Dalam rapat koordinasi Asian Games di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), kemarin,  Menpora Imam Nahrawi mengaku, masih ada koreksi dari draft Inpres yang sudah berada di tangan Kemenko PMK. Misalnya, ada beberapa detail yang harus ditambahkan dan itu harus dihitung terebih dulu, misalnya efisiensi mobilisasi jarak dari wisma atlet ke venue pertandingan.
Menteri PMK, Puan Maharani juga belum bisa memastikan kapan Inpres Asian Games bisa diterbitkan. Pasalnya, dalam laporan yang dia terima saat rapat, pihaknya masih belum melihat adanya kejelasan terkati tugas pokok dan fungsi masing-masing kementerian lembaga terkait.
“Membuat Inpres untuk kegiatan nasional seperti ini tidak bisa terburu-buru. Tidak hanya masalah ditanda tangan atau tidak ditanda tangan, soalnya harus ada kajian-kajian hukum dari Menseneg, Menpora, PMK dan lain-lain. Jadi kalau memang sudah oke, sudah mensinergikan dan mengkoordinasikan semua Tupoksi dengan tanggung jawab dan kewajibannya itu tidak masalah. Saya belum terima secara lengkap draft inpresnya,” jelas Puan usai rapat.
Wakil Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Muddai Madang yang hadir dalam rapat tersebut mengatakan, masterplan Asian Games sudah rampung dikerjakan KOI.
Setelah dipresentasikan di depan Puan Maharani, kata dia, KOI, berharap akan keluar Instruksi Presiden (Inpres). "Mudah-mudahan Inpres bisa selesai sebelum launching Asian Games 2018 diselenggarakan di Bali, 18 Desember mendatang," katanya
- ***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi