Kamis, 27 Juni 2013

Kejurnas Bulutangkis Dibagi Dua Divisi

Sumber Asli -- C0I - Perbaikan terus dijalankan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Kejuaraan Nasional (Kejurnas) rencananya akan dibagi menjadi dua divisi.





Selama ini Kejurnas hanya terbagi dalam kategori usia, mereka yang masih masuk kategori taruna akan bertanding di nomor perorangan yang membawa nama daerah, sementara pemain-pemain dewasa di nomor beregu membawa nama klub.



Selanjutnya, Kejurnas akan dibagi lagi menjadi dua divisi, yaitu divisi elite dan challenge. Provinsi yang berpartisipasi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) dan berkontribusi dalam penempatan pemain di pelatnas berhak untuk masuk ke divisi elite.



Sementara itu, keberadaan divisi challenge dimaksudkan untuk menghidupkan pengembangan di provinsi. Mereka yang tidak menyelenggarakan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) tidak dapat mengikuti Kejurnas. Masing-masing satu wakil dari juara Kejurprov di nomor tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri serta ganda campuran memiliki hak untuk berpartisipasi di Kejurnas.



“Karena perkembangan bulu tangkis belum merata di Indonesia, kadang pemain dari luar Pulau Jawa kalau bertemu pemain dari Pulau Jawa langsung habis. Sudah mengeluarkan biaya besar untuk pergi bertanding, tapi di awal kalah dengan skor telak,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan PBSI, Basri Yusuf.



“Dengan sistem seperti ini, daerah jadi punya kesempatan untuk menjuarai Kejurnas, walaupun di divisi dua (challenge) dan mereka tidak berkecil hati. Ketentuan ini akan berlaku di nomor dewasa dan taruna, baik beregu maupun individual,” tambah Basri.

- ***



0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi