Rabu, 09 Desember 2015

Wawancara > ARSYAD ACHMADIN: PP PCI Siapkan Pelapis Tim Utama Lewat Kejurnas


Sumber Asli -- C0I - Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) pimpinan Ketua Umum DR HM Aziz Syamsuddin terus menggeliat melaksanakan program  demi sukses merebut medali emas pada Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di Indonesia. Selain telah menyiapkan tim utama yang berkekuatan 20 pemain putra dan 20 putri, PP PCI mulai memikirkan kekuatan pelapis. Semuanya nanti akan dipersiapkan dengan proyeksi sukses prestasi pada SEA Games 2017 di Malaysia dan puncaknya merebut emas Asian Games 2018.


            Penyaringan kekuatan pelapis akan dilakukan pada Kejuaraan Nasional Usia 19 tahun di Puspitek, Serpong, 12 – 21 Desember 2015. Menurut Sekretaris Jenderal PP PCI, Arsyad Achmadin, Kejurnas akan melibatkan 400 peserta dari 15 provinsi. Dengan demikian layak untuk dijadikan sebagai pemantauan dan penyaringan pemain muda yang akan dipanggil ke pemusatan latihan nasional jangka panjang.
            Bagaimana langkah PP PCI dalam melaksanakan program menuju SEA Games 2017 dan Asian Games 2018, berikut petikan wawancara dengan motor organisasi cabang olahraga asal Inggris itu saaat ditemui dalam acara Workshop Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) di Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/12), yang disajikan dalam bentuk tanya jawab.

Apa program penting PP PCI yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini?

            Oh ya, lama kita tidak bicara cricket. Begini, dalam waktu dekat ini PP PCI akan menggelar Kejuaraan Nasional Kelompok Umum 19 Tahun di Puspitek, Serpong mulai 12 sampai 21 Desember. Sudah ada 15 provinsi yang mendaftar akan ambil bagian pada kejurnas ini. Diperkiarakan ada 400 peserta yang terlibat dalam kejuaraan ini.

Boleh tahu 15 provinsi yang mengirim atlet dan bagaimana dengan daerah lainnya?

            Dilihat dari jumlah provinsi yang tampil sudah bagus sekali. Kami memang mengharapkan daerah-daerah yang benar-benar siap yang tampil. Daerah-daerah lainnya terus kami tingkatan melalui kegiatan workshop tentang olahraga cricket. Adapun 15 yang ikut dalam Kejurnas nanti adalah Jawa Barat, Banten, Bali, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara dan Papua.

Apa sasaran dari Kejurnas yang melibatkan pemain-pemain muda ini?

            Melalui Kejurnas ini PP PCI akan membentuk tim untuk lapis I. Tim ini akan menjadi kader pelapis tim utama yang sudah dibina selama ini. Dengan adanya kader pelapis ini maka akan ada stok pemain yang siap pakai dan juga untuk menyiapkan regenerasi.  Tim pelapis ini terdiri dari 20 putra dan 20 putri. Tim ini akan diproyeksikan untuk menghadapi SEA Games 2017 dan Asian Games 2018 melalui pembinaan jangka panjang. Tempat latihan mungkin akan dilaksanakan di Bali atau Jakarta dengan ditangani pelatih bersertifikat internasional.

Lalu bagaimana dengan tim utama?

            Terus berjalan. Bahkan tanggal 11 – 21 Desember ini mereka dikirim ke Rajastan, India untuk training centre. Ini merupakan program yang didukung Satlak Prima. Selama dua minggu di sana mereka juga akan ikut kompetisi. Dengan latihan dan bertanding di India yang merupakan negara kuat dalam olahraga cricket diharapkan tim kita akan makin meningkat kemampuannya.

Lewat program yang sudah dilaksanakan apakah PP PCI yakin bisa menyumbang medali pada SEA Games 2017 dan Asian Games 2018?

            Untuk SEA Games 2017 kami menargetkan untuk merebut medali. Jika bisa emas. Peluang untuk ini ada di bagian putri. Untuk medali kita jamin. Sedangkan untuk Asian Games 2018 kami memiliki target untuk menyumbang emas untuk Indonesia. Dengan kerja keras dan dukungan dari semua pihak diharapkan target ini bisa dicapai.
- ***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi