Rabu, 09 September 2015

Wawancara > ROBBY SUARLY: Akan Ada Prombakan Total Pada Pelatnas Biliar

Sumber Asli -- C0I - Prestasi cabang olahraga biliar di SEA Games XXVIII/2015 Singapura berada di titik terendah. Hasil yang bisa dibawa pulang hanya sekeping medali perunggu. Padahal pada SEA Games XXVII Myanmar 2013 biliar menyumbang 2 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Pelatih pelatnas biliar Robby Suarly menilai, hasil di SEA Games XXVIII/2015 Singapura sangat diluar dugaan. Padahal menurut dia persiapan menjelang SEA Games Singapura merupakan yang terbaik dibanding SEA Games-SEA Games sebelumnya.
Lantas bagaimana evaluasi PB POBSI terhadap hasil SEA Games Singapura dan bagaimana persiapan biliar menuju SEA Games XXIX/2017 Kuala Lumpur, Malaysia? Berikut wawancarai  dengan Robby Suarly di Jakarta, Selasa (8/9).


Hasil SEA Games Singapura 2015 jauh dari harapan. Padahal dua tahun sebelumnya di Myanmar Indonesia bisa membawa pulang 2 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Apa yang sebenarnya terjadi waktu itu?

Sebagai cabang olahraga akurasi, biliar memang tidak bisa dihitung secara matematis. Faktor lucky (keberuntungan) kadang-kadang sangat berperan di olahraga biliar ini. Kita mengakui, ada beberapa nomor yang seharusnya menghasilkan medali emas tapi akhirnya lepas. Di pool misalnya, Ricky Yang seharusnya bisa meraih medali emas kalau dia bisa bermain tenang waktu di Singapura. Tapi entah ada apa dengan dirinya, sehingga akhirnya kalah sebelum mencapai final.

Bagaimana dengan putri?

Sejak awal di pool putri memang sudah diprediksi atlet kita Angelina Magdalena Ticoalu akan sulit meraih medali emas. Pasalnya, Filipina menurunkan atlet-atlet terbaiknya yang sudah berkelas Dunia dan Asia. Angel di Singapura memang tidak termasuk target medali emas. Target kita satu emas hanya pada Ricky Yang tapi gagal.
Nah, kembali lagi ke faktor luck, di Myanmar Angel bisa bermain nyaman dan bola-bolanya enak terus sehingga dia bisa menang. Jadi di biliar itu tidak selalu yang terbaik itu akan keluar sebagai pemenang dalam satu event.

Untuk SEA Games Kuala Lumpur 2017 biliar sudah menjalani pelatnas. Berapa atlet yang dipersiapkan?

Ada 11 atlet yang dipersiapkan. Di pool 5 atlet, Ricky Yang, Irsal Nasution, Syahroni (putra), Angelina Magdalena Ticoalu dan Fathrah Mas’um (putri). Nomor snoker dua atlet, Gaby Adiputra dan Yoni Rahmanto, english biliar 2 atlet (Jaka Ginting dan Mangando Sihombing), serta carom 2 atlet (Rudy Hasan dan Nipe Rahman.

Apakah 11 atlet ini sudah menjadi tim inti?

Belum. Tim intinya nanti hanya 9 atlet. Akhir September ini kita akan lakukan promosi dan degradasi. Kemungkinan akan ada perombakan total pada atlet pelatnas. Mumpung SEA Games masih jauh kita akan pilih mereka yang benar-benar bisa fokus mempersiapkan diri menuju SEA Games XXIX/2017 Kuala Lumpur, Malaysia. Mereka akan dibina untuk jangka panjang.
- ***
========= Dukungan untuk Cinta Olahraga Indonesia bisa dikirimkan langsung melalui: BANK BCA KCP PALMERAH NO REKENING 2291569317 BANK MANDIRINO REKENING 102-00-9003867-7 =========
-->

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi