Jumat, 31 Mei 2013

Warga Palestina Perangi Oposisi Suriah di Golan

 
GOLAN - Sekelompok warga Palestina membentuk brigade khusus di Dataran Tinggi Golan dan berperang melawan pasukan oposisi Suriah. Warga Palestina itu tergabung dalam Popular Front for the Liberation of Palestine - General Command (PFLP-GC).

Saat ini, PFLP-GC kerap diklasifikasikan ke dalam kelompok teroris oleh Amerika Serikat (AS), Uni Eropa dan Israel. Selain memiliki kantor di Damaskus, Suriah, kelompok bersenjata itu juga memiliki cabang politik di Timur Tengah. PFLP-GC juga berperang mendukung Presiden Bashar al-Assad.

"Kami yakin, rezim ini (Suriah) menentang Israel. Kami memposisikan diri kami sebagai seseorang yang mendukung pergerakan Palestina. Suriah pun mendukung kami, Suriah mendukung warga Palestina yang ada di negaranya," ujar Pemimpin PFLP-GC Husam Arafat, seperti dikutip RFI, Jumat (31/5/2013).

Arafat pun mengklaim, pasukan oposisi Suriah (Jabhat al-Nusra, Al Qaeda, dan lainnya) adalah kelompok bersenjata yang didukung oleh Israel. Bila oposisi menang dalam peperangan ini, Israel bisa menguasai Damaskus, Lebanon, dan beberapa negara Arab lainnya.

"Mereka sudah berjanji pada Israel bahwa mereka akan menghadapi para pejuang Palestina dan Hizbullah. Mereka adalah sekutu Israel, mereka bagian dari Israel. Kami punya banyak bukti, meski saya tidak memiliki dokumen namun informasi dari Pemerintah Suriah dan badan-badan pemerintahan di Suriah menjelaskan hal itu. Anda harus percaya dengan informasi ini," imbuhnya.

Seperti diketahui, warga Palestina di Suriah umumnya menempati wilayah bernama Kamp Yarmouk. Meski demikian mereka terpecah dalam fraksi-fraksi politik yang beragam dan kerap berseteru.

Selain PFLP-GC, ada pula warga Palestina yang bergabung dengan fraksi oposisi Suriah. Mereka adalah kelompok bersenjata Liwa al-Asifah (Brigade Badai). Kelompok bersenjata itu sengaja dibangun oposisi Suriah untuk mengusir PFLP-GC. (AUL)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi