Minggu, 15 September 2013

Piala AFF U19: Kalahkan Laos, Timor Leste Buka Peluang Lolos

Sumber Asli -- C0I - Sempat tertinggal terlebih dulu, Timor Leste mampu menumbangkan Laos 3-1 di Stadion Petrokimia Gresik, Minggu (15/9). Kemenangan yang membuka peluang Timor Leste ke babak semifinal Piala AFF U-19 2013.



Status sudah pasti lolos memang tak membuat Laos bermain santai di awal-awal babak. Namun perlawanan sengit yang ditunjukkan Timor Leste membuat mereka keteteran. Timor bahkan bisa saja unggul di menit ke-12 jika tendangan Adelino Trindade tidak menerpa mistar.

Sadar permainan anak asuhnya tak berkembang, pelatih Laos, Chandalapohone Liepvisay, langsung melakukan rotasi pertamanya pada menit ke-33. Anousay Novyong digantikan dengan Sisawad Dalavong. Tak mau kalah, pelatih Norio Tsukitate kemudian memasukkkan Agostinho Da Silva untuk menggantikan sang kapten, Nataniel De Jesus.

Pergantian tersebut kemudian lebih menguntungkan Laos. Dua menit dari pergantian, atau pada menit ke-36, Lembo Saysana yang masuk ke kotak penalti dilanggar oleh Jorge Sabas Victor. Tak hanya menghadiahi Victor dengan kartu kuning, wasit Sivakorn Pu-Udom dari Thailand juga langsung menunjuk titik putih.

Lembo yang mengeksekusi penalti tersebut sukses melakukan tugasnya. Skor 1-0 ini pun bertahan hingga kedua tim menuju ruang ganti karena satu peluang Laos dari tendangan bebas Phitack Kongmathilath masih menghajar mistar.

Pertandingan kembali berjalan ketat di babak kedua. Kedua tim saling adu serangan. Namun, Timor Leste yang lebih bersemangat mengejar ketertinggalan lebih menguasai jalannya pertandingan.

Skor sama kuat 1-1 pun tercipta pada menit ke-70. Memanfaatkan umpan terukur Adelino, sundulan Frangcyatma Alves Kefi tak mampu ditepis Soukthavy Soundala.

Gol itu seolah menjadi titik balik bagi anak anak Bumi Loro Sae. Tepat pada menit ke-83 Frangcyatma kembali mampu menaklukkan Soundala. Sontekannya kini mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk Timor Leste.

Timor akhirnya mengunci kemenangan mereka pada menit akhir laga ini. Terobosan Ezequiel Dos Ssantos mampu dimaksimalkan oleh pemain pengganti Januario da Costa. Timor Leste pun menang 3-1.

Hasil ini memang tidak mengubah posisi kedua tim di klasemen Grup A. Laos tetap pemimpin klasemen dengan sembilan angka disusul Timor Leste dengan tujuh angka. Namun bagi Timor Leste kemenangan ini membuka peluang mereka untuk lolos ke semifinal.
- ***


-->

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi