Jumat, 12 Juli 2013

Tiga Syarat Masuk Timnas Inti Basket

Sumber Asli -- C0I - Pelatih tim nasional (timnas) basket Indonesia, Tjetjep Firmansyah, menuntut tiga hal dari 17 pemain yang kini menghuni pelatnas. Tiga hal tersebut jadi standar untuk mencari 12 pemain yang akan memperkuat Indonesia di Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 dan SEA Games 2013.

“Hanya tiga yang saya minta, fight, teamwork, dan respect. Kami akan lakukan seleksi akhir berdasarkan tiga hal tersebut,” tutur Tjetjep usai latihan rutin timnas basket putra di Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis (11/7/2013).



Tjetjep tidak akan menilai pemain dari teknik permainan saja. Perjuanganan atlet saat bertanding di lapangan, juga akan jadi dipertimbangkan. “Istilahnya, seberapa keras mereka ‘berkelahi’ di lapangan, itu akan kami lihat. Kalah tidak masalah, asal perjuangannya maksimal,” lanjutnya.



12 pemain yang masuk tim inti akan diumumnkan pada 5 Agustus. Seleksi akhir tak bisa ditunda lebih lama karena hanya tinggal dua bulan jelang ISG yang akan dilaksanakan pada 22 September – 1 Oktober 2013.



Hanya saja, dari seluruh pemain yang dipanggil, belum semuanya hadir di pelatnas, karena cedera. “Sampai saat ini tim sudah cukup kompak. Saya yakin full team nanti juga bisa kompak,” kata Tjetjep.



Performa pemain inti yang terpilih tentu saja akan terus diperhatikan. “Jika dia (pemain timnas yang bermain di ISG) tidak menunjukkan permainan maksimal, terpaksa saya ganti. Penggantinya akan diambil dari sisa lima pemain yang tidak terpilih,” ujarnya.



“Kami akan coba lihat kerjasama mereka di ISG. Asal mereka fight, sudah cukup. Karena lawan di ISG, seperti Lebanon, Iran, Irak, itu levelnya Asia. Kami masih jauh untuk sampai ke sana.”



Di SEA Games, targetnya dalah unggul dari Thailand, Malaysia, dan Singapura. “Kalau Filipina masih susah. Thailand juga harus kerja keras. Tapi kesempatan untuk dapat perak masih ada, meskipun target kita perunggu. Itu (perunggu) harga mati, harus dapat,” Tandas Tjetjep.

- ***



0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi