Jumat, 12 Juli 2013

MotoGP Jerman: Drama Terjadi Sejak Hari Pertama

Drama kembali menghampiri akhir pekan balapan MotoGP usai Jorge Lorenzo terjatuh di sesi latihan bebas kedua GP Jerman yang membengkokkan pelat titanium yang ditanam pada cedera tulang selangka yang dideritanya akibat terjatuh hebat di Assen. Kini kondisi cedera yang dialami Lorenzo harus mengurungkan niatnya untuk berpartisipasi dalam race di Sachsenring. Malam ini ia bakal terbang ke Barcelona untuk menjalani operasi, dan hingga kini belum diketahui kapan rider Yamaha itu bisa kembali turun ke lintasan. Mengingat cedera tulang selangka memerlukan proses penyembuhan yang relatif lama, partisipasi Lorenzo pada balapan Laguna Seca yang dihelat pekan depan menjadi diragukan. "Saya akan kembali membalap secepat mungkin, namun saya harus fokus untuk memperbaiki kerusakan pelat pada cedera saya," kata Lorenzo yang terjatuh di Tikungan ke-11 yang merupakan tempat dimana para pembalap berbelok ke kanan setelah melalui serangkaian tikungan ke kiri. Tikungan tersebut memang sangat menantang. Para pembalap dituntut untuk menikung pada kecepatan tinggi dan diharuskan merebah dengan sudut tajam. Tak hanya itu, T11 merupakan sebuah turunan tajam hingga kerap disebut memiliki tingkat elevasi seperti air terjun. Jika pembalap tidak cermat dalam memanaskan sisi kanan ban setelah melalui trek Sachsenring yang didominasi oleh tikungan ke kiri, melibas tikungan 11 bagaikan mengikuti paralayang tanpa memakai parasut. Tikungan tersebut juga telah membuat Andrea Dovizioso terjatuh hebat hingga merusak sasis baru yang dibawa Ducati. Karenanya, Dovi tidak akan bisa mencoba rangka baru itu pada akhir pekan ini, apalagi Ducati tidak menyediakan rangka baru cadangan untuk akhir pekan ini. Andrea Iannone dan Cal Crutchlow juga menjadi korban keganasan tikungan 11. Kedua pembalap nampaknya tidak mengalami cedera serius, tetapi Crutchlow, yang juga sempat terjatuh di FP1, mengalami luka memar pada lengan dan dada.

Kontras dengan ketidakberuntungan yang menerpa sebagian pembalap, Stefan Bradl mampu menjadi rider tercepat pada sesi latihan bebas kedua di tanah kelahirannya. Ia bisa mengalahkan catatan waktu duo pembalap Honda pabrikan dan duet rider Yamaha Factory. Walaupun ini masih hari pertama latihan, namun hal tersebut cukup ampuh untuk menghibur penonton yang memadati Sachsenring. Tentunya hal tersebut menggandakan kepercayaan diri dan motivasi Bradl untuk bisa tampil maksimal di depan publiknya.

Absennya Lorenzo menjadi kesempatan emas bagi Dani Pedrosa untuk memperlebar keunggulan poin di klasemen. Di Assen Pedrosa gagal memanfaatkan cedera Lorenzo untuk meraup poin ekstra dalam perebutan gelar juara dunia musim ini. Sekarang Pedrosa takkan menyia-nyiakan kans yang sudah ada di depan mata untuk memenangkan balapan Minggu ini. Terlebih ia dikenal jago dalam menaklukkan Sachsenring yang ia kuasai selama tiga tahun terakhir.

Valentino Rossi mengaku bahwa kemajuan settingan pada motor M1 dapat kembali ia rasakan pada trek Sachsenring. Seperti biasanya, Rossi agak kesulitan untuk membalap ketika suhu trek memanas. Namun secara keseluruhan ia mengklaim memiliki kecepatan yang bagus dan stabil. Satu-satunya kekhawatiran Rossi adalah pemilihan jenis ban asimetris yang dibawa Bridgestone untuk balapan Hari Minggu.

Tak hanya pemilihan ban, kondisi cuaca yang tak menentu juga patut diwaspadai, dan jangan lupakan Marc Marquez yang pernah memenangkan balapan Sachsenring di kelas 125cc dan dua kali di kelas Moto2.



0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2013 berita hangat - Template by Efachresya - Editor premium Top coi